Laman

Selasa, 25 Juni 2013

Indeks Nikkei Masih Turun Tipis; Pasar Cari Potensi Rebound

Pada perdagangan yang berlangsung kemarin bursa saham Jepang tercatat mengalami penurunan diakhir perdagangan. Melemahnya pergerakan bursa disebabkan oleh adanya tekanan yang datang dari penguatan yen terhadap dollar AS. Penguatan mata uang Jepang tersebut disokong oleh adanya penurunan permintaan dollar ditengah adanya peluang mulai akan dikuranginya nominal kebijakan stimulus ekonomi Amerika serikat oleh Fed.

Namun pada perdagangan di bursa saham Jepang yang berlangsung pada pagi hari ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (25/06). Bursa-bursa saham di kawasan Asia melemah di tengah kekhawatiran mengenai pengetatan likuiditas di China. Indeks Nikkei mengalami penurunan yang masih terbatas dibandingkan rekan-rekannya yang lain di Asia. Nikkei tampak mampu menahan penurunan seiring denga kembali melemahnya mata uang yen.

Yen Jepang kemarin sempat mengalami penurunan hingga mencapai level 98.7 per dollar AS. Pagi ini mata uang Jepang tersebut sudah kembali rebound dan berada di level 97.7 per dollar.

Saham-saham eksportir di bursa Jepang tergerus seiring dengan kekhawatiran mengenai makin buruknya kondisi ekonomi China. China sebagai salah satu pasar utama produk dari Jepang dikhawatirkan akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, yang juga akan mengakibatkan penurunan permintaan terhadap produk-produk dari Jepang. Saham produsen alat-alat konstruksi Komatsu pagi ini turun 2 persen.

Nikkei spot tampak hanya mengalami penurunan tipis. Indeks spot ini nyaris flat, hanya turun 5.06 poin atau 0.04 persen di posisi 13057.72.

Sementara itu indeks berjangka Nikkei 225 tampak mengalami pembukaan pada posisi 12980 poin. Indeks berjangka tersebut mengalami peningkatan 35 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka sudah bergerak menguat dan mencapai posisi 13020 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung menguat terbatas. Nikkei mencari potensi rebound setelah kemarin anjlok lebih dari 1 persen. Untuk hari ini indeks berjangka diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 12950 – 13090 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar